Cara Mengatur Pencahayaan yang Baik untuk Keperluan Merias Wajah

Memastikan aplikasi riasan di wajah memberi hasil yang sempurna ternyata tak hanya dipengaruhi oleh kualitas produk yang digunakan. Akan tetapi dipengaruhi pula oleh banyak faktor lainnya, dan salah satunya masalah pencahayaan di ruang rias. Maka penting sekali untuk memastikan sistem pencahayaan di ruangan tempat merias wajah sudah mendukung. 

 

Pencahayaan Terbaik untuk Diterapkan 

Pencahayaan yang baik akan membantu mengetahui apakah hasil riasannya tepat dan sesuai warna kulit atau tidak. Lantas, bagaimana mengatur pencahayaan yang tepat untuk kebutuhan tata rias wajah? Langkah-langkah berikut bisa dilakukan: 
1. Menggunakan sumber cahaya alami 
Pada dasarnya untuk bisa mendapatkan hasil riasan yang memang terlihat bagus ataupun flawless adalah mengandalkan cahaya alami. Supaya pemilihan warna sampai kombinasi beberapa warna di kulit wajah lebih tepat. Dianjurkan untuk mempergunakan cahaya alami dari alam yakni sinar matahari. Maka tidak ada salahnya mendesain ruang tata rias dengan dominasi kaca transparan. Selain memberi cahaya yang natural atau alami untuk hasil riasan yang maksimal juga bisa membantu untuk berhemat. Sebab langkah ini membantu mengurangi penggunaan lampu yang akan memangkas tagihan listrik. Hanya saja perlu memperhatikan cuaca karena jika mendung atau hujan, maka sinar matahari akan temaram. 
2. Memanfaatkan lampu LED 
Jika dirasa mengandalkan cahaya matahari terlalu terbatas karena bisa  berbenturan dengan cuaca yang kurang bagus. Maka bisa memakai lampu LED untuk ruang rias, pasalnya lampu jenis ini memiliki spektrum cahaya yang mirip dengan cahaya natural dari sinar matahari. Cahayanya yang cenderung putih bersih membantu mengenali warna produk riasan dengan baik. 
3. Mengatur penempatan lampu dengan benar 
Apabila penggunaan lampu LED dijadikan pilihan maka penting pula untuk memperhatikan penempatan lampu. Lebih ideal jika ditempatkan di area depan agar kulit wajah terkena sorotan cahaya lampu tersebut. Hindari pencahayaan dari belakang atau dari salah satu sisi, misalnya sebelah kanan saja karena hasilnya akan kurang maksimal. Opsional lain adalah menempatkan lampu LED di bagian atas, sehingga sorot lampu menerpa keseluruhan kulit wajah. Langkah ini ideal ditempuh jika langit-langit ruangan cukup tinggi sehingga cahaya menyebar dengan baik. Jika terlalu pendek maka lebih cocok lampu ditempatkan di bagian depan, misalnya ditempelkan di tepi meja rias.


Pencahayaan yang Musti Dihindari 

Selain mengetahui bagaimana mengatur pencahayaan yang bagus untuk kebutuhan merias wajah, juga wajib tahu apa saja yang musti dihindari. Detailnya adalah : 
  • Menggunakan lampu pendar yang cahayanya terlalu putih, nanti malah membuat riasan terlalu pucat dan jauh dari kesan natural. 
  • Menghindari lampu warna kuning karena malah mendorong Anda untuk memulaskan bedak secara berlebihan sehingga terlalu tebal dan hasil riasannya pun tidak bagus. 
  • Tidak menggunakan lampu yang memiliki semburat kemerahan karena nantinya bisa menutupi area yang perlu ditutup concealer, sehingga hasil riasan akan terlihat belang dan banyak kekurangan di wajah seperti lingkar hitam di bawah mata tidak tertutup sempurna. 
  • Cahaya yang terlalu gelap, nantinya bisa membuat Anda memulaskan bedak terlalu tipis begitu pula dengan produk riasan lainnya. 

Merias wajah dengan dukungan pencahayaan yang buruk akan membuat hasilnya juga buruk, sehingga perlu menghindari beberapa detail di atas. Supaya bisa menempatkan sistem pencahayaan dengan tepat maka bisa mencontek apa yang dilakukan salon rias wajah.


Penjelasan di atas membantu Anda untuk bisa mengatur pencahayaan dengan baik di ruang merias wajah. Saat ini sudah tersedia pula lampu yang didesain khusus untuk ditempatkan di ruang rias wajah, sehingga bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Anda bisa menemukan produk tersebut di Lavere Lash. Lavere Lash menyediakan produk-produk pendukung untuk melakukan rias wajah maupun eyelash extension.

You have successfully subscribed!