Cara Mengenali Reaksi Reaksi Alergi Terhadap Eyelash Extension

Eyelash extension menawarkan penampilan spesial setiap hari. Dengan menggunakan extension bulu mata, waktu berdandan semakin cepat. Tapi tidak bisa pungkiri bahwa pemasangan extension bulu mata juga bisa menimbulkan reaksi alergi. Tanda-tandanya biasanya baru muncul sehari atau beberapa hari pasca pemasangan. Jika kamu sedang mengalami reaksi alergi, tidak usah panik. Cermati beberapa cara mudah mengenali reaksi alergi berikut ini.

 

Cara Mengenali Reaksi Alergi Terhadap Eyelash Extension

Sebenarnya, tidak ada bahaya eyelash extension, jika kamu tidak memiliki riwayat alergi dan mengenali bahan-bahan yang digunakan dalam prosedurnya. Meskipun demikian risiko ini bisa saja muncul dan reaksi alergi tiap orang bisa berbeda. Ini ciri-ciri yang biasanya muncul pasca prosedur:

  1. Mata berair. Bisa terjadi di salah satu mata atau dua-duanya.
  2. Kulit kemerahan.
  3. Gatal di lipatan kulit.
  4. Badan terasa sakit.

Jika kamu merasakan reaksi alergi setelah memasang eyelash extension di salon kecantikan, segera periksakan ke dokter.

 

Penyebab Alergi Setelah Pemasangan Eyelash Extension

Sejatinya, bahan utama eyelash extension tidak menimbulkan reaksi karena terbuat dari serat sintetis yang disebut bulu, sutra, dan kashmir. Biasanya, reaksi alergi pasca pemasangan eyelash extension disebabkan oleh lem khusus atau selotip yang digunakan saat pemasangan eyelash extension natural maupun jenis lain. Jadi, jika kulitmu sensitif pastikan kamu mengetahui apa saja bahan yang akan digunakan dan apakah kulitmu bisa menerimanya dengan baik.

 

Apa yang Harus Dilakukan jika Kamu Mengalami Reaksi Alergi terhadap Eyelash Extension?

Seperti yang disebutkan di atas, jika kamu mengalami reaksi alergi, segera pergi ke dokter terdekat agar bisa ditangani dengan cepat. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Klinik kecantikan tidak diperkenankan untuk memberikan obat pada pasien yang mengalami reaksi alergi karena bukan tenaga medis. Beautician bisa membantu meredakan alergi dengan melepas eyelash extension. Selain jika terjadi reaksi, beautician dari salon eyelash extension terdekat juga harus melepas extension bulu mata jika klien sering melakukan hot yoga atau sauna. Sebab, temperatur panas bisa menyebabkan lem extension bulu mata meleleh dan menjadi sarang jamur.

Apakah Pasca Mengalami Reaksi Alergi Bisa Memasang Eyelash Extension Lagi di Kemudian Hari?

Jawabannya adalah tidak. Seseorang yang pernah mengalami reaksi alergi tentu bisa mengalaminya kembali. Selain itu, jika dipaksakan juga reaksinya bisa lebih berat daripada sebelumnya.

 

Bagaimana Cara Mencegah Reaksi Alergi Agar Tidak Semakin Parah?

Coba lakukan beberapa tips berikut ini untuk mengurangi rasa sakit dan reaksi alergi yang lain:

  1. Gunakan lem extension bulu mata seminimal mungkin.
  2. Selain itu, pastikan jarak minimal 1 mm antara bulu mata palsu dengan garis mata.
  3. Segera bersihkan lem extension bulu mata jika terkena kulit.
  4. Gunakan nano mister, yaitu cairan hidrogen yang berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan lem extension bulu mata.
  5. Pastikan lash shampoo yang digunakan aman.
  6. Pelajari cara menyisir bulu mata palsu dengan benar.
  7. Bersihkan eyelash extension dengan benar. Selain untuk menghindari reaksi alergi, kebersihan eyelash extension akan membuatnya terlihat alami dan lebih tahan lama.

Perhatikan diri sendiri dengan baik. Jika memang mulai muncul reaksi alergi ketika sedang proses pemasangan extension bulu mata, sebaiknya jangan lanjutkan. Bersihkan area sekitar mata dari alat eyelash extension dan extension bulu mata itu sendiri.

 

Di Laverelash, kamu bisa memastikan bahwa alat eyelash extensions yang digunakan adalah alat terbaik dan aman. Kamu bisa memilih jenis eyelash extension yang cocok dengan wajah dan budget yang kamu keluarkan. 

You have successfully subscribed!
This email has been registered