Bahaya! Efek Samping Pemasangan Eyelash Extension yang Tidak Tepat

Eyelash extension merupakan perawatan kecantikan yang booming di masa kini. Memiliki bulu mata yang memesona dapat menjadi daya tarik tersendiri. Masyarakat pun berbondong-bondong mencari studio dan lashes technician tepercaya untuk perawatan. Akan tetapi, adakah bahayanya? Simak di sini.

*Bukan Tanpa Efek Samping *
Treatment lash extension memang memiliki banyak kelebihan dan dapat menguntungkan. Tidak hanya untuk penggunanya namun juga bagi pegiat industri kecantikan.

Dengan perawatan ini, klien bisa mendapatkan bulu mata yang mereka idamkan dan tampil lebih good looking tanpa perlu repot merias mata. Bulu mata lentik tersebut juga awet dan tahan lama. Sedangkan untuk lash technician, usaha ini memiliki prospek yang menjanjikan.

Namun, bukan berarti tidak ada efek samping pemasangan eyelash. Apalagi treatment ini dilakukan di area yang sangat sensitif yaitu mata. Mata juga merupakan organ yang vital untuk kehidupan sehari-hari.

Efek samping dapat terjadi jika sambung bulu mata dilakukan tanpa kehati-hatian atau oleh teknisi yang belum memenuhi kualifikasi. Oleh sebab itu memilih salon kecantikan berkualitas atau lash technician tepercaya menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan untuk memastikan prosedur berjalan dengan aman.

*Bahaya Salah Pemasangan Lashes *
Ada beberapa efek samping yang sangat merugikan yang dapat terjadi. Apa bahaya eyelash extension jika dilakukan dengan salah? Ini di antaranya:

*1. Bulu Mata Mudah Rontok *
Yang pertama adalah kemungkinan rontoknya bulu mata asli. Hal ini banyak penyebabnya, salah satunya disebabkan oleh kesalahan saat pemasangan.

Pemasangan extension oleh profesional harusnya memperhatikan siklus pertumbuhan bulu mata. Lashes juga terpasang rapi per helainya. Sehingga, ketika waktunya bulu mata terlepas secara alami tidak membawa serta bulu mata yang masih tumbuh.

Selain itu bulu mata yang akan dipasang sebaiknya menyesuaikan dengan ketebalan dan panjang bulu mata asli. Jika perbedaannya terlalu drastis, extension akan terlewat berat dan bulu mata asli tidak kuat menahan bebannya. Alhasil bulu mata asli malah akan patah atau rontok secara prematur.

*2. Mata Perih dan Iritasi *
Selanjutnya, bahaya pasang eyelash extension dapat berupa rasa perih hingga iritasi pada mata. Efek samping ini memiliki beberapa pemicu yang berbeda-beda. Di antaranya, bisa disebabkan oleh reaksi alergi.

Reaksi tubuh terhadap alergi bermacam-macam, mulai dari mata memerah, gatal, bengkak, hingga iritasi. Penyebab alerginya sendiri dapat berasal dari bahan penyusun lashes atau dari lem yang digunakan.

Produk-produk lem yang mengandung formaldehyde cenderung menyebabkan alergi pada sebagian banyak orang. Bahan ini bisa kamu hindari. Sebelum melakukan extension, kamu pun bisa mengetes reaksi alergi dengan membubuhkannya pada tangan.

Namun, jangan takut apakah eyelash extension sakit atau tidak. Jika menggunakan bahan-bahan yang aman dan pelaksanaannya sesuai prosedur, maka perawatan ini tidak sakit, kok.

*3. Radang atau Infeksi Bakteri *
Selain memastikan kualitas bahan-bahan yang digunakan, tahap pemasangan extension juga harus dilakukan dengan higienis. Lem dan bulu mata extension dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan berbahaya bagi mata.

Apalagi jika terdapat luka di daerah sekitar mata, misalnya karena lem atau tergores bulu mata. Bakteri dapat memperparah luka tersebut sehingga terjadi infeksi dan radang.

*4. Bulu Mata Lengket dan Menggumpal *
Dan terakhir, bahaya lem eyelash yang dipasang dengan salah. Eyelash extension memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam pemasangannya. Jika terburu-buru lem yang digunakan dapat menempel ke mana-mana.

Lashes yang menggumpal akan menjadikan penampilan bulu mata terlihat jelek. Selain itu jika tercabut atau rontok, akan membawa serta banyak bulu mata asli. Kemudian apabila lem extension mengenai kulit juga mampu menyebabkan iritasi.

Itulah macam-macam bahaya treatment lashes yang asal-asalan. Jangan sampai hal ini terjadi pada kamu ya. Berhati-hatilah dalam melakukan eyelash extension.

You have successfully subscribed!
This email has been registered