Skip to content
SHOP ALL

News

Struktur Proposal Bisnis Eyelash Extension yang Bisa Kamu Tiru

by LIT Group 24 May 2024 0 Comments

Bisnis eyelash extension saat ini semakin digemari karena target pasarnya pun semakin besar. Bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, maka pastikan untuk menyiapkan proposal bisnis eyelash extension.

Dengan proposal ini, peluangmu untuk mendapatkan modal usaha eyelash extension ataupun izin usaha dapat berjalan lebih lancar dan mudah. Untuk membantumu mendapatkan gambaran mengenai konsep atau contoh proposal usaha eyelash extension yang tepat, kamu bisa cek informasi lengkapnya di bawah ini!

 

Ringkasan Eksekutif

Meskipun posisinya berada di bagian awal proposal bisnis, namun penulisan ringkasan eksekutif ini dibuat paling akhir. Alasannya, karena bagian ini berisikan ringkasan dari setiap aspek penting di proposal rencana bisnismu. Kehadirannya untuk menarik perhatian pembaca proposal bisnis lebih cepat.

Di bagian ini, kamu harus menjelaskan mengenai jenis usaha eyelash extension yang kamu jalankan beserta status usahanya. Kamu harus menjelaskan apakah kamu masih pemula, sudah memiliki sebuah studio ekstensi, atau menjalankan sejumlah jaringan bisnis di area ini.

Setelah itu, pastikan untuk mencantumkan beberapa poin penting di bawah:

  • Gambaran singkat mengenai industri atau peluang bisnis eyelash extension yang kamu jalankan.
  • Gambarkan mengenai jenis bisnis ekstensi bulu mata yang kamu kelola.
  • Jabarkan mengenai pesaing bisnis dan target pelanggan.
  • Strategi pemasaran.
  • Identifikasi mengenai anggota kunci di tim kamu.
  • Ringkasan mengenai rencana keuangan bisnis eyelash extension kamu.

Pastikan kamu juga menyelipkan keunggulan dan potensi bisnis ini agar pembaca proposal semakin tertarik untuk membaca bab selanjutnya pada proposal kamu ini.

 

Deskripsi Bisnis

Tuliskan dengan jelas mengenai jenis bisnis ekstensi bulu mata kamu. Beberapa contohnya adalah salon, lash artist, reviewer, grosir produk ekstensi, hingga trainer ekstensi bulu mata.

Jelaskanlah mengenai konsep bisnismu dengan jelas, baik itu salah satu atau beberapa opsi di atas. Setiap layanan yang kamu sediakan juga harus dibuat sedetail mungkin, sebab tidak semua pembaca proposal familier dengan bisnis kecantikan satu ini.

Setelah itu, cantumkan juga bahan dan alat yang kamu butuhkan untuk menjalankan bisnis ini dengan optimal. Semua bahan dan alat tersebut mencakup peralatan khusus ekstensi, penunjang, dan beberapa perlengkapan penting lainnya.

Kamu juga dapat menjelaskan siapa saja target bisnis eyelash extension ini, di mana rata-rata targetnya adalah kaum perempuan yang ingin memiliki tampilan bulu mata lebih menarik. Jelaskan juga target usia, pekerjaan, demografi, dan lainnya agar pembaca lebih paham siapa saja orang yang kamu targetkan.

 

SWOT

SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats) harus selalu masuk ke dalam proposal bisnis apa pun. Dengan begitu, pembaca proposal dapat mengetahui berbagai peluang hingga ancaman jika turut berinvestasi ke dalam bisnismu.

Ada banyak sekali tipe SWOT yang dapat kamu tuliskan, karena tergantung pada keadaan bisnis dan lingkungannya. Namun secara umum, analisis SWOT sebagai salah satu bagian cara buka usaha eyelash sendiri dapat kamu lihat di tabel berikut:

Strength (Kekuatan)

Weakness (Kelemahan)

  • Banyaknya layanan dan produk eyelash extension berkualitas tinggi.
  • Lokasi yang nyaman dan pelanggan bisa membuat reservasi lebih dahulu.
  • Pelayanan ramah, profesional, dan dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan.
  • Skill lash artist yang sudah diakui di industri ekstensi bulu mata
  • Keterbatasan jangkauan geografis dan sedikitnya partner atau supplier.
  • Keterbatasan dana untuk pemasaran dan ekspansi bisnis.
  • Terbatasnya skill karyawan pada aspek tertentu.

Opportunity (Peluang)

Threats (Ancaman)

  • Meningkatnya permintaan terhadap layanan dan produk ekstensi bulu mata.
  • Peluang untuk berekspansi ke wilayah atau pasar baru.
  • Kolaborasi dan kemitraan dengan pihak lain di lingkup industri kecantikan dan fashion.
  • Peluang meluncurkan produk atau layanan baru.
  • Persaingan dengan bisnis eyelash extension lainnya.
  • Perubahan pada tren atau preferensi konsumen dalam bidang eyelash extension.
  • Ketidakstabilan keadaan.
  • Perubahan regulasi atau standar industri eyelash extension.

 

Tim Manajemen

Tim manajemen yang kuat dan solid adalah salah satu cara paling ampuh untuk menunjukkan bahwa potensi berhasilnya proposal sangat tinggi.

Hal paling mendasar dalam aspek ini adalah menjelaskan secara ringkas mengenai struktur kepemimpinan hingga level staf dan menjelaskan mengenai pembagian job atau tugasnya.

Setelah menuliskan gambaran umum, pastikan kamu juga menyoroti sejumlah anggota tim yang menjadi pemain kunci dalam usaha ini. Kamu dapat menjelaskan dengan rinci mengenai pengalaman dan keterampilan mereka yang dapat membantu bisnis ini berkembang.

Hal ini akan menjadi nilai plus bagi pembaca karena tahu bahwa bisnis ini dijalankan oleh orang-orang profesional di bidangnya. Dengan begitu, potensi mendapatkan untung ketika berinvestasi akan lebih besar.

Modal Awal dan Perhitungan Keuangan

Rencana keuangan adalah salah satu aspek paling penting yang harus kamu cantumkan dalam proposal bisnis ini. Di dalamnya harus menjelaskan sejumlah aspek keuangan penting, seperti modal awal, laporan laba rugi, laporan kas, hingga lampiran yang jelas.

Jika baru merintis bisnis, maka penjelasan mengenai modal awal ini harus kamu tuliskan dengan sangat rinci di proposal. Tujuannya tentu saja agar mendapatkan modal sesuai kebutuhan bisnis agar dapat berjalan maksimal.

Perhitungan modal awal ini mencakup mengenai sewa tempat, gaji karyawan, peralatan, bahan ekstensi, listrik, dan sebagainya.

Karena akan diberikan kepada calon investor, jelaskan juga mengenai perhitungan keuntungan dan skema pembagiannya nanti.

Strategi Marketing

Terakhir, cantumkan juga mengenai strategi pemasaran atau marketing yang akan kamu jalani agar bisnis lebih dikenal target pasar dan umum. Ada cukup banyak strategi pemasaran yang dapat kamu pilih, baik secara online atau offline.

Untuk mencapai jangkauan target pasar yang lebih luas, kamu dapat memaksimalkan promosi di media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, website, dan lainnya. Berikanlah rincian mengenai material dan teknik promosinya agar pembaca paham strategi apa yang akan kamu jalankan.

Oleh karena itu, pelajari jugalah berbagai strategi pemasaran yang ada agar nantinya berjalan sesuai keinginanmu.

Nah, untuk mengingatkanmu kembali, pastikanlah untuk memasukkan sejumlah aspek penting ke dalam proposalmu. Beberapa di antaranya mengenai ringkasan eksekutif, deskripsi bisnis, SWOT, tim manajemen, keuangan, dan strategi marketing.

Setelah menyiapkan proposal bisnis eyelash extension milikmu, pastikan untuk mencari peralatan bisnis eyelash extension tersebut di Lavere Lash. Kami juga menyediakan kursus untuk membantumu meningkatkan skill sebagai lash artist. Ayo cek laman produk dan kursus kami sekarang!  

Prev Post
Next Post

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.

Someone recently bought a
[time] ago, from [location]

Thanks for subscribing!

This email has been registered!

Shop the look

Choose Options

Edit Option
Back In Stock Notification
Terms & Conditions
What is Lorem Ipsum? Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum. Why do we use it? It is a long established fact that a reader will be distracted by the readable content of a page when looking at its layout. The point of using Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using 'Content here, content here', making it look like readable English. Many desktop publishing packages and web page editors now use Lorem Ipsum as their default model text, and a search for 'lorem ipsum' will uncover many web sites still in their infancy. Various versions have evolved over the years, sometimes by accident, sometimes on purpose (injected humour and the like).
this is just a warning
Login
Shopping Cart
0 items