Skip to content
SHOP ALL

News

Apa Itu Russian Manicure: Cara dan Jenis Treatment Kuku di Salon

by LIT Group 20 Jul 2023 0 Comments

Hai, Lash Sisters! Ingin menambahkan menu di salonmu? Kalau kamu ingin memperluas bisnis tidak hanya di area kecantikan mata saja, kamu bisa mencoba menambah menu treatment kuku seperti manicure. Tidak hanya untuk penampilan, manicure juga bisa membantu merawat kesehatan jari-jari klien. Selain itu, klien bisa lebih lama menghabiskan waktu di salonmu, ketimbang berpindah-pindah salon untuk perawatan kuku. 

Sebelumnya, yuk cari tahu apa saja jenis dari manicure, termasuk yang lagi viral: Russian Manicure. 

Apa itu Manicure? 

Manicure adalah serangkaian perawatan yang bertujuan untuk membersihkan dan mempercantik kuku jari tangan dan kulit di sekitarnya. Pasalnya, kesehatan tangan perlu selalu dijaga agar tetap sehat dan tidak menyebabkan masalah kesehatan. Selain itu, kuku yang bersih dan terawat juga akan lebih indah dipandang, sehingga dapat mendukung penampilan. 

Tidak hanya soal estetika, tapi melakukan manicure juga bisa memberi efek relaksasi. Biasanya, treatment di salon ini melibatkan pijatan di bagian tangan, sehingga dapat mengurangi ketegangan dan rasa pegal pada tangan. Mood klien pun jadi lebih baik. 

5 Jenis Manicure 

  • Basic Manicure 

Jika ini pertama kalinya klien melakukan treatment manicure, basic manicure adalah treatment yang tepat. Tahapannya, awali treatment dengan pengolesan losion atau minyak khusus untuk membantu merawat kutikula tangan. Setelahnya, kuku akan direndam dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit. 

Kemudian, rapikan kutikula yang tumbuh berlebih agar jari-jari terlihat lebih rapi. Treatment ini melibatkan berbagai kegiatan seperti memotong, merapikan, dan membentuk kuku. Klien juga bisa me-request untuk bentuk kuku yang diinginkan. Lalu, kuku akan diberikan warna sesuai permintaan klien di atas basic coat dan finishing coat dengan cat kuku tanpa warna atau bening. 

  • French Manicure 

Klien yang menginginkan sentuhan kuku yang klasik cocok untuk perawatan manicure ala Prancis ini. Hasil akhir dari manicure ini adalah ujung kuku berbentuk semi persegi dengan ujung berwarna putih, layaknya bulan sabit, sehingga kuku terlihat lebih chic. 

Di French Manicure, awali treatment dengan memotong kuku agar bentuknya seimbang, lalu kikir kuku untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan. Rendam kuku untuk membersihkan kotoran dan lakukan buff sebelum dipakaikan base coat. Setelahnya, pulaskan kuteks berwarna natural seperti sheer pink, dan warna putih untuk ujung kuku. Kamu juga bisa menambahkan variasi sesuai keinginan di bagian kutikula atau mengubah warna dasar dari cat kuku yang ada. 

  • American Manicure 

Serupa dengan French Manicure, pemilihan warna di treatment American Manicure lebih natural. Bentuk ujung kuku juga mengikuti bentuk asli. Bedanya, American Manicure menonjolkan sisi yang lebih alami selagi meningkatkan keindahan alami kuku dengan potongan kuku oval yang terlihat lebih manis dan menawan. 

Tahapan dari manikur ini adalah membentuk kuku dengan potongan oval atau almond. Lalu sisi kuku dibersihkan, kutikula dihilangkan dengan alat khusus agar tidak menyebabkan infeksi. Gunakan base coat  lalu pulaskan cat kuku bernuansa off-white dan nude (seperti merah muda pastel, beige, atau coklat muda) sesuai warna kulit. Pulaskan cat kuku off-white menggunakan sponge dan aplikasikan pada bagian ujung kuku untuk hasil gradasi. Beri sentuhan kilau menggunakan top coat bertekstur glossy. 

  • Paraffin Manicure 

Untuk telapak tangan yang terasa kasar dan kering, Paraffin Manicure adalah pilihan yang tepat. Menggunakan minyak esensial khas dan pijatan yang merelaksasi kuku dan telapak tanganmu, treatment ini melibatkan wax atau lilin paraffin yang dilelehkan. Ketika suhunya sudah cukup hangat, tangan direndam sebentar dan diangkat. Langkah ini diulang hingga 7 kali, lalu didiamkan 30 menit. Setelahnya, tangan akan dibersihkan lalu dilanjutkan basic manicure. 

  • Russian Manicure 

Nah, yang lagi viral adalah Russian Manicure. Memiliki nama lain dry manicure atau e-file manicure, treatment ini menggunakan alat elektronik berupa bor. Bor yang dilengkapi mata khusus ini membantu membersihkan kulit mati di sekitar kuku dan kutikula. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pemasangan kuku tambahan seperti soft tip extension dan menambah masa keawetan hasil manikur. 

Equip treatment Russian Manicure - Laverelash festival 2023

Penggunaan alat khusus di Russian Manicure ini membutuhkan keterampilan khusus dan sertifikasi serta pengalaman yang cukup. Jika keliru, efek sampingnya dapat menimbulkan abrasi dan infeksi kulit. 

Penasaran tentang pembahasan Russian Manicure lebih detail? Ngobrol lebih lanjut di Lavere Lash Festival 2023, yuk! 

Kamu bisa belajar tentang tren terkini dan teknik yang tepat seputar tips manicure di sesi live demo hingga expert salon tips, untuk meningkatkan karir dan bisnis salon kamu. Kamu juga bisa belajar soal teknik Soft Tip Extension di sesi ini, loh! Bersama salah satu nails supplies di jakarta, topik yang akan diangkat adalah “How to do Russian Manicure and Soft Tip Extension”. 

Pastikan kamu hadir di LLF 2023 ini, ya, karena banyak ilmu-ilmu lainnya dari top speakers yang bisa berguna untuk Lash Sisters nantinya. Jangan lupa daftarkan dirimu, see ya there! 

Prev Post
Next Post

Leave a comment

Please note, comments need to be approved before they are published.

Someone recently bought a
[time] ago, from [location]

Thanks for subscribing!

This email has been registered!

Shop the look

Choose Options

Edit Option
Back In Stock Notification
Terms & Conditions
What is Lorem Ipsum? Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book. It has survived not only five centuries, but also the leap into electronic typesetting, remaining essentially unchanged. It was popularised in the 1960s with the release of Letraset sheets containing Lorem Ipsum passages, and more recently with desktop publishing software like Aldus PageMaker including versions of Lorem Ipsum. Why do we use it? It is a long established fact that a reader will be distracted by the readable content of a page when looking at its layout. The point of using Lorem Ipsum is that it has a more-or-less normal distribution of letters, as opposed to using 'Content here, content here', making it look like readable English. Many desktop publishing packages and web page editors now use Lorem Ipsum as their default model text, and a search for 'lorem ipsum' will uncover many web sites still in their infancy. Various versions have evolved over the years, sometimes by accident, sometimes on purpose (injected humour and the like).
this is just a warning
Login
Shopping Cart
0 items